objek wisata kota tegal,jawa tengah.

Guci

 

Semua orang tegal pasti tahu Guci.Sebuah Obyek Wisata Di Kaki Gunung Slamet.Sebuah Objek Wisata Berupa Pemandian Air Panas yang sangat terkenal di Tegal.

 

Di Guci ada sekitar 10 air terjun yang terdapat di daerah Guci. Di bagian atas pemandian umum pancuran 13, agak jauh sekitar satu kilometer, terdapat air terjun dengan air dingin bernama Air Terjun Jedor. Dinamai begitu karena dulu tempat di sekitar air terjun setinggi 15 meter itu adalah milik seorang Lurah yang bernama Lurah Jedor. Sambil jalan-jalan menikmati pemandangan pepohonan pinus, Anda dapat merasakan kesejukan daerah ini.

 

Kalau Anda capai dan merasa tidak berminat untuk jalan-jalan, Anda dapat menyewa kuda untuk berkeliling dan melihat air terjun. Cukup dengan uang Rp 15.000 Anda dapat menikmati pemandangan tanpa merasa lelah dan sekaligus bisa belajar menunggang kuda.

 

Objek wisata ini biasanya ramai dikunjungi pada malam Jumat Kliwon. Banyak orang yang ngalap berkah. Konon, kalau mandi pada jam dua belas malam dengan memohon sesuatu, permohonan apapun akan dikabulkan. Kepercayaan ini sudah turun-temurun.

Wisata : Guci – Tegal (1)

 
 
  • Wisata : Guci - Tegal (1)Wisata : Guci - Tegal (1)
 
Kabupaten Tegal,  Jawa Tengah yang beribukota di Kecamatan Slawi, letaknya sekitar 12 km di sebelah selatan Kota Tegal. Kabupaten ini di sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa dan Kota Tegal, di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Pemalang, di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Brebes dan Kabupaten Banyumas, dan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Brebes dan Kota Tegal.

Bagian utara wilayah Kabupaten Tegal merupakan dataran rendah dan di sebelah selatan merupakan pegunungan, dengan puncaknya Gunung Slamet (3.428 meter dpl), gunung tertinggi di Jawa Tengah.


Kawasan Wisata Guci Tegal

Menikmati wisata alam dan kuliner Tegal

Taman Wisata Air Panas Guci, terletak di Kecamatan Bumijawa, di lereng Gunung Slamet dengan ketinggian 1.050 dpl, sekitar 30 km dari kota Slawi atau sekitar 40 km dari Kota Tegal. Di Guci terdapat 10 air terjun, di antaranya adalah Pemandian Pancuran 13, yang memang memiliki pancuran berjumlah 13 buah. Pemandian air panas umum yang dapat kita nikmati, airnya sangat jernih, menyegarkan karena mengandung belerang, tetapi tidak berbau.
Naik ke atas lagi terdapat air terjun Jedor (diambil dari nama lurah pada zaman dahulu). Di Guci juga di sewakan kuda untuk menikmati pemandangan sekitar dengan harga terjangkau. Obyek Wisata Guci sangat ramai terutama pada musim liburan, seperti liburan lebaran atau liburan hari besar lainnya.

Guci yang berhawa dingin dan memliliki panorama pegunungan yang sangat indah, sangat cocok sekali sebagai tempat wisata  keluarga. Obyek wisata ini tersedia berbagai macam fasilitas seperti penginapan (villa dan hotel), wisata hutan (wana wisata), kolam renang air panas, lapangan tennis, lapangan sepak bola, hotel, villa, bumi perkemahan dan wisata agro (sayuran dan petik stroberi).

 
Salah satu air terjun tempat pemandian

Tempat wisata lainnya yang dapat dikunjungi saat berada di Tegal adalah Pantai Purwahamba Indah, terletak di Kecamatan Suradadi, di tepi jalan Pantura dan Waduk Cacaban terletak di Kecamatan Kedung Banteng.

“Teh Poci” atau teh tubruk adalah minuman khas Tegal, yang diseduh dalam poci (guci) tanah liat kecil dan diminum dengan gula batu. Istilah teh poci “wasgitel” artinya wangi, panas, sepet, legi, lan kentel. Tegal hingga saat ini dikenal sebagai sentra penghasil teh, hal ini dapat kita lihat adanya beberapa pabrik teh terkenal yang berdiri di Tegal.
Makanan khas Tegal adalah: sate (sate kambing muda dengan bumbu sambal kecap), sate bebek majir, kupat (ketupat) glabed, kupat blengong (kupat glabed dengan daging blengong; blengong = hasil kawin silang bebek dan menthok), kupat bongko (ketupat dengan sayur tempe yang telah diasamkan), nasi ponggol, pilus, krupuk antor, nasi bogana (nasi megono), sauto (soto ayam / babat khas Tegal dengan bumbu tauco dan tauge), tahu plethok.

 

Bila Anda ingin merasa puas berkeliling di area wisata seluas sekitar 210 hektar ini, Anda dapat menginap di daerah ini selama beberapa hari. Ada banyak penginapan di sini, dari kelas melati sampai berbintang. Dan jangan lupa untuk membawa oleh-oleh kalau pulang. Di sini Anda membeli sayuran segar dengan harga murah seperti wortel, kol, slada air, tomat, sawi, buah pisang dan alpukat. Atau makanan kecil khasnya; sate manisan ceremai.

 

Cobalah, dan Anda akan merasakan kesegaran dan keindahan berlibur. Objek wisata ini terletak di kaki Gunung Slamet bagian utara dengan ketinggian kurang lebih 1.050 meter dari kota Slawi sekitar 30 km atau dari kota Tegal berjarak tempuh sekitar 40 km ke arah selatan. Di tempat wisata ini telah tersedia berbagai macam fasilitas seperti penginapan, wisata hutan (wana wisata), kolam renang air panas, lapangan tennis, lapangan sepak bola, dan bumi perkemahan.

 

Guci mudah dijangkau. Dari Slawi Anda bisa naik mini bus jurusan Bumi Jawa dengan ongkos Rp 5.000. Setelah sekitar tiga puluh menit, Anda berhenti di Desa Tuwel. Di situ banyak kendaraan bak terbuka menunggu penumpang menuju Guci. Anda cukup membayar kendaraan itu dengan Rp 5.000 saja. Tigapuluh menit Anda akan sampai tempat wisata yang sungguh menarik ini.

 

Pantai Alam Indah (PAI)

Pantai Alam Indah (PAI) merupakan obyek wisata alam, yang didukung dengan keberadaan 32 hotel berbintang dan melati dengan kapasitas 442 kamar. Keberadaan PAI ini juga didukung fasilitas-fasilitas rekreasi lainnya seperti kolam renang, taman poci dan beberapa atraksi budaya lainnya. paiPantai Alam Indah merupakan kawasan pantai yang dalam konsepnya akan dijadikan kawasan wisata terpadu. Kolam renang, museum oceanografi, lapangan seni budaya, arena permainan anak, lokasi perkemahan, hotel, restoran, toko souvenir merupakan beberapa fasilitas penunjang yang nantinya akan dibangun sesuai dengan Master Plan kawasan Pantai Alam Indah.
 

Saat ini, sebagian besar fasilitas tersebut belum dapat terpenuhi, namun demikian hal tersebut tidak begitu mempengaruhi minat masyarakat untuk berkunjung ke PAI, karena hampir setiap harinya pantai ini selalu dipenuhi oleh pengunjung dari berbagai usia. Selain untuk berekreasi, biasanya ditempat ini sering diadakan perkumpulan seperti wushu, olahraga bagi lansia dll. Di PAI ini juga sering digelar acara dangdut yang dimeriahkan oleh artis lokal maupun ibukota.

 

Bendungan Waduk Cacaban

Merupakan salah satu bendungan/waduk yang dibangun setelah Indonesia merdeka, yamg diresmikan oleh Bapak Presiden I pada tahun 1952. Tempat ini tidak jauh dari Slawi +- 9 km ke arah timur tepatnya desa Karanganyar Kecamatan Kedungbanteng, sehingga dapat dijadikan salah satu altrnatif tempat wisata terdekat. Wisatawan dapat menikmati suasana santai, dengan memancing ikan, jalan-jalan diatas bendungan ataupun dapat mengelilingi waduk dengan kapal motor.

Shopping Di Mal

1 . Rita Mall (Terbesar Di Tegal)

2 . Pasifik Mall (Mall dengan gaya Bahari yang sangat menawan)

3 . Dedy Jaya Mall (Mallnya Bus Dedy Jaya)

4 . Marina Plasa Mall (Mbahnya Mall di Tegal yang kini mulai Udzur)

5 . Banjaran Permai Mall (Mall yang saingan sama Pasar Tradisional)

 

Hotel Penginapan

1 Hotel Taguya
  Fasilitas : Air Condition, Hot & Cold Water, Bath Tub, TV With Parabolic System, Refrigenerator, Driving range (Golf)
Jl. Raya Tegal – Semarang Km. 7 Tegal Telp. (0283) 355213, 355214, 355243 Fax. (0283) 355213
2 Hotel Lestari
  Fasilitas : TV, Music
Jl. Raya Maribaya Kramat, Kabupaten Tegal
3 Hotel Salero
  Fasilitas : Kamar AC, Ekonomi
Jl. Raya Kramat No. 5 Kabupaten Tegal
Telp. (0283) 352250
4 Hotel Paramita
  Fasilitas : Karaoke, Hiburan Musik dan Tari
Jl. Raya Maribaya Kramat, Kabupaten tegal
Telp. (0283) 352253
  Jl. Raya Dampyak Km 4 Tegal – Semarang
Telp. (0283) 3568916
  Fasilitas : TV, Music
Jl. Raya Maribaya Kramat, Kabupaten Tegal
  Fasilitas : TV, Music
Jl. Raya Maribaya Kramat, Kabupaten Tegal
  Fasilitas : AC, Air Panas & Dingin, Parabola, TV
Jl. Jenderal A. Yani, Procot – Slawi
Telp. (0283) 491146

HOTEL/VILLA DI LOKASI OBJEK WISATA GUCI

Leave a comment